Simple Present Tense

Hi semuanya,

Kembali lagi kita berjumpa pada sesi ke ...... Disini saya akan menjelaskan tentang salah satu tenses yang paling sering dijumpai dalam dunia belajar mengajar because hampir di setiap buku pelajaran yang kita miliki, pasti memuat tenses ini. Furthermore, tenses ini juga paling sering digunakan dalam percakapan. Why? Karena tenses ini adalah yang paling polos and paling mudah untuk diaplikasikan dalam percakapan. Kira-kira para pembaca sudah tahu, tenses apakah itu???

Yes!!! It's Simple Present Tense.

The first big question is, when do we use it? 
Well, Simple Present Tense adalah tenses yang digunakan untuk mengekspresikan:
1. Pernyataan umum mengenai suatu fakta dan kebenaran umum.
2. Aktivitas sehari-hari atau kebiasaan.
3. Memberikan instruksi atau menunjukkan arah.
4. Agenda yang terjadwal.

Di dalam mempelajari Simple Present Tense, kita perlu mengenal dua tipe kalimat berdasarkan keterkandungan kata kerja pada kalimat tersebut. Kedua tipe kalimat itu antara lain:
1. Kalimat Verbal (Verbal Sentence), which means, kalimat yang mengandung kata kerja (verb).
    Contoh verb; run, walk, study, sleep, laugh, bring, and etc.
2. Kalimat Nonverbal (Nonverbal Sentence), which means, kalimat yang tidak mengandung verb.
    Tipe kalimat ini bisa saja hanya mengandung adjective (kata sifat), adverb (kata keterangan), noun      (kata benda), dan lain-lain.

Setelah memahami kedua tipe kalimat diatas, kita mulai mempelajari bentuk-bentuk kalimat. Adapun bentuk kalimat yang lazim dipelajari terdiri atas 3:
1. Kalimat Positif (+)
2. Kalimat Negatif (-)
3. Kalimat Interogatif (?)

Perlu diketahui, dalam menyusun kalimat negatif dan interogatif, kita akan menggunakan auxiliary verb (do/does) pada kalimat verbal dan menggunakan to be (is, am, are) pada kalimat nonverbal.

For more information, please check the powerpoint below.


Bagaimana perasaan kamu setelah membaca informasi diatas?
Sudah merasa puas atau belum? (Komen dibawah ya)

Penulis akan sangat bahagia sekali apabila para pembaca berkenan memberikan masukan dan saran, seperti; materi yang perlu diposting pada edisi selanjutnya, serta kritik yang membangun blog ini. Terlebih lagi, jika para pembaca berkenan mengutarakan pertanyaan yang bisa kita diskusikan bersama.


Salam,
Penulis

Comments